KEGIATAN WASIAD #3

SALAM PRAMUKA

KEGIATAN PRAMUKA

Dalam rangka memperingati hari jadi ambalan ke-4 Dewan Kerja Ambalan Soedharmono-Masmundari, menyelenggarakan lagi ajang perlombaan kepanduan untuk tingkat penggalang yang diikuti oleh SMP/MTs se-Gresik Utara yang dinamakan WASIAD (Wadeng Scouting Adventure) #3, dengan mengambil tema “Bersatu dalam Pramuka, Berkompetisi dalam Prestasi” dan mempunyai motto “Tiada Pramuka yang Terlatih, yang Ada hanyalalah Pramuka yang Giat Berlatih”. Perlombaan ini dilaksanakan pada Minggu, 17 April 2016. Untuk Kepanitiaan agak berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini kepanitiaan selain Dewan Kerja Ambalan Soedharmono-Masmundari sebagai patokan,  juga dibantu oleh kakak Ambalan alumni SMKN 1 Sidayu sebagai pendukung. Berikut Susunan panitia WASIAD#3 antara lain:

Pelindung                    : Drs. H. Amat Kasnar,M.T

Penanggung Jawab     : H.Ahmad Shofi, S.Pd

Pembina Gudep          : Suhermin Ningtias, S.Pd

Ketua                          : Adi Suryanto

Sekertaris                    : Devi Nur Laili

Bendahara                   : Ulyatul Hidayah

Seksi-Seksi

  • Acara : M Khanif Ashar (Koord)

Firsa Mahsunah Kurnia Izzati

Dewi Anugrah Fitri

Ahmad Wildan Khakiki

 

  • Pendaftaran : Intan Zuhriyahya (Koord)

Mahsis Almas Anugrah

Ravi Armansyah

  1. Alwafi Musabih

Siti Muasyaroh

 

  • Konsumsi : Dwi Lestari (Koord)

Rifka Rohmah Ainia

Amin Syifa’

Dinar Dwi Pratiwi

Nunung Anjarwati

 

 

  • Perlengkapan : Aril Ahmad Afiza (Koord)
  1. Khafif Mufidin
  2. Raviyanto

Mas’ud Nur Fais

Mirza Rismanda

 

  • Pubdekdok : Bagas Hanggara (Koord)

Hanifatun Najjah

Maulidul Shokhikh

Rokayah Zuliatin

 

  • PAM : M.Hafiludin Haqi (Koord)
  1. Nur Izzudin

Muh. Fahrur Rozi

Moh. Taufiqul Kamal

Ahmad Fahrozi Misbah

 

  • Kesehatan : Nedia Dwi Syahdewi (Koord)

Aisyatul Mazidah

Afifah Lesfiana

Budi Rahmadi

Ahmad Stihabuddin

 

Dalam pelaksanaan kegiatan WASIAD #3 ini persiapan yang dilakukan sangat matang, baik dari internal, kepanitiaan, dan juga sponsor. Ada yang berbeda, “dalam perlombaan kali ini bukan hanya diikuti oleh peserta penggalang dari Gresik Utara saja namun ada peserta baru tahun ini dari Kabupaten Lamongan terdekat seperti SMP Paciran, MTs Paciran, MTs. Tarbiyatut Tholabah,dan masih banyak lagi, Mts. Khoiriyah juga merupakan MTs. Perdana yang mengikuti WASIAD” ujar ketua panitia WASIAD, Adi Suryanto.

 

Aturan lain dalam lomba kali ini yaitu dibatasi 6 regu untuk per pangkalan, sehingga peserta agak sidikit menurun dari tahun kemarin, yakni ada 32 regu karena tidak ada pembatasan, dan tahun ini menurun menjadi 27 regu. Hal ini kemungkinan disebabkan faktor lain, misal padatnya jadwal di SMP/MTs seperti persiapan ujian sekolah, ujian praktik, dan persiapan UN. Namun, jika dilihat dari jumlah pangkalan yang mengikuti, tahun ini jumlahnya meningkat dari tahun kemarin yaitu 9 pangkalan menjadi 12 pangkalan. Jika didasarkan pada pemerataan peserta, maka tahun ini bisa dikatakan meningkat.

 

Dalam WASIAD#3 ini berbagai macam keahlian di bidang kepramukaan diujikan, yang tidak jauh berbeda dari tahun kemarin. Lomba ini dibagi dua kelompok, yaitu di Base Camp berupa Morse, Pionering, Semaphore, Scout Kitchen dan Create Poster, dan PBB Variasi. Yang kedua Safari Camp berupa PPGD (Pertolongan Pertama Pada Korban), PUPP (Pengetahuan Umum dan Pengetahuan Pramuka), serta problem Solving.

 

Di setiap lomba selalu ada kendala, namun bisa teratasi dengan baik. Misalnya saat adventure ada peserta yang bingung pada saat membaca peta perjalanan dan memecahkan Problem solving. Seperti ungkapan salah satu peserta yaitu Pinru Cempaka “Namun, semua itu tidak membuat kami lantas menyerah, karena hal itu kami jadikan sebagai pengembangan pola pikir dan menjadi tantangan tersendiri bagi kami”.

 

Peserta sangat antusias dalam mengikuti perlombaan ini . “Kegiatannya sangat seru, meriah, lebih menyenangkan dan kami ingin terus berpartisipasi untuk WASIAD selanjutnya” ujar pinru Sensasi, “Out Boundnya lebih banyak lagi, problem solvingnya juga kurang sulit, dan permainannya lebih diperbanyak lagi” Lanjut peserta regu Sensasi yang lainnya. Dengan adanya komentar seperti itu Ambalan Soedharmono-Masmundari lebih tertantang untuk WASIAD selanjutnya bisa menjadi lebih baik lagi.

 

Komentar yang datang untuk WASIAD juga berasal dari salah satu Pembina. “Saya sangat suka dengan Pangkalan di SMKN 1 Sidayu ini, karena kami disambut sangat meriah dan juga diperlakukan sangat istimewa, pangkalan di sini juga sangat berbeda dengan pangkalan di sekolah-sekolah lain, pangkalan ini menurut saya yang paling baik”.

 

Pada saat pengumuman juara suasananya menegangkan. Peserta menanti pengumuman juara dengan perasaan berdebar-debar. Adapun yang menjadi juara WASIAD#3 untuk kategori regu tergiat putra yaitu Juara Pertama Regu Garuda SMPN 1 Manyar; juara kedua Regu Elang SMPN 1 Manyar, dan Juara ketiga Regu Elang Emas 1 MTs. YKUI Maskumambang. Sedangkan untuk katagori regu tergiat putri yaitu Juara Pertama Regu Matahari SMPN 1 Sidayu; Juara kedua Regu Melati SMPN 1 Manyar; Juara Ketiga Regu Seruni SMPN 1 Sidayu. Juara umum lomba Wasiad #3 yaitu Regu Matahari SMPN 1 Sidayu.

 

Dengan adanya perlombaan ini diharapkan bisa menjadi ajang untuk menumbuhkan sikap, sifat, dan jiwa kepemimpinan yang bertanggungjawab, dan juga untuk mempersiapkan generasi muda sebagai penerus bangsa yang kreatif, inovatif, mandiri, disiplin dan berbudi luhur serta berwawasan kebangsaan sekaligus untuk memupuk semangat pramuka khususnya dengan kepanduan pada umumnya.

“ Semoga kegiatan WASIAD selanjutnya bisa lebih meriah, lebih semarak, dan jumlah peserta semakin meningkat dan juga out boundnya lebih banyak dan lebih menarik lagi” Ucap salah satu panitia WASIAD. Tidak lupa seluruh panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta atas partisipasinya dan tak lupa kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga ke depan bisa berpartisipasi dan meraih juara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.